Marquee

Informasi yang Diberikan Hanya Sebagai Bacaan, Penunjuk Arah atau Bahan Pembanding dari Buku Referensi Aslinya.

Laman

Iklan

Kamis, 14 Juli 2011

Pengelasan

Pengelasan (Welding)
Pengelasan adalah proses fabrikasi dalam menyambung material-material, biasanya logam atau thermoplastic, yang sering dilakukan dengan mencairkan benda kerja dan menambahkan material pengisi untuk membentuk genangan material cair yang mendingin untuk menjadi sambungan yang kuat.
Macam-macam proses pengelasan:
1. Shielded metal arc welding (SMAW)
2. Gas metal arc welding (GMAW)
3. Flux cored arc welding (FCAW)
4. Gas tungsten arc welding (GTAW)
5. Electro gas welding (EGW)
6. Plasma arc welding (PAW)
7. Submerged arc welding (SAW)
8. Resistance welding (RSW)
9. Electro slag welding (ESW)
10. Oxyacetylene welding (OAW)
11. Thermit welding
12. Laser beam welding (LBW)
13. Electron beam welding (EBW)

Fusion welding adalah suatu proses pengelasan dengan melibatkan pencairan dari material yang akan disambung. Contohnya: acetylene welding, arc welding.
Solid state welding adalah suatu metode pengelasan modern dengan tidak melibatkan pencairan dari material yang akan disambung. Contohnya: ultrasonic welding, explosion welding, co-extrusion welding, cold welding, diffusion welding, friction welding, high frequency welding, hot pressure welding, induction welding dan roll welding.
Soldering adalah suatu proses penyatuan dua atau lebih suatu logam melalui pencairan dan pengaliran logam pengisi ke dalamnya, logam pengisi yang digunakan mempunyai titik lebur yang relatif rendah. Contohnya: perakitan komponen elektronik pada PCB, penyambungan pipa tembaga, penyambungan bagian radiator mobil, perakitan bagian kecil dari mesin, dll.
Brazing adalah suatu proses penyambungan dimana logam pengisi non-ferro dipanaskan ke temperatur cair diatas 450oC dan disalurkan diantara dua atau lebih logam berpasangan yang akan disambung. Contohnya: digunakan secara luas pada industri perkakas untuk mengikat logam keras (keramik, cermet, karbit, dan sejenisnya).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Banner

Adsense Indonesia